'/> Pola Laporan Perjalanan Wisata Terbaik

Info Populer 2022

Pola Laporan Perjalanan Wisata Terbaik

Pola Laporan Perjalanan Wisata Terbaik
Pola Laporan Perjalanan Wisata Terbaik
Contoh Laporan Perjalanan Wisata Terbaik - Sahabat SE kali ini admin akan sedikit membuatkan cara menyusun lapora perjalanan. Sebelum kepada cara menyusun lapolan kita simak dulu arti dari laporan itu sendiri. Laporan perjalanan wisata yaitu laporan yang disusun sehabis kegiatan study tour, maupun field trip yang dilaksanakan oleh beberapa sekolah atau universitas. Laporan ini disusun sebagai laporan pertanggungjawabanan telah mengikuti kegiatan ini. Laporan perjalanan wisata disusun baik secara individual maupun kelompok.
Sebuah laporan harus mempunyai format yang baik dan benar harus mengandung beberapa sifat menyerupai diberikut ini:
  1. Mengandung imaginasi
  2. Laporan harus tepat dan komplit
  3. Laporan harus disajikan secara menarik
  4. Macam-Macam Laporan

Cara Membuat Laporan

Sistematika Laporan terdiri dari beberapa bagian, diantaranya :
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Daftar Tabel
  • Daftar Gambar
  • Daftar Lampiran

Bab I. Penlampauan
A. Latar Belakang Penelitian/Pengamatan
(Mengapa kita mengamati insiden tersebut)

B. Tujuan Pengamatan
(Untuk apa kita mengamati insiden tersebut )

C. Kegunaan Pengamatan
(Apa manfaat atau kegunaan kita melaksanakan pengamatan, baik untuk kita sendiri maupun untuk orang lain)


Bab II. Isi Utama Laporan
(disini dibahas mengenai cara pengolahan (termasuk bahan-bahan untuk pembuatan manisan, alat-alat yang digunakan, berapa biaya yang diharapkan dll), hasil dari pengolahan, pemasaran, siapa yang membelinya dan lain-lain yang berdasarkan anda bekerjasama dengan pengolahan manisan rumput laut.


Bab III. Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
Yakni, ringkasan terhadap pengamatan yang telah dilakukan.

B. Saran
(ditujukan untuk pembuat manisan, dan untuk penulis laporan)
Daftar Pustaka (daftar sumber-sumber dari buku,majalah,koran dll)
Lampiran-Lampiran (catatan-catatan yang kita peroleh dari orang yang kita teliti menyerupai daftar harga bahan-bahan pembuat manisan, dan lain-lain yang dikeluarkan oleh pembuat manisan)

Oleh alasannya penyusunan laporan ini diwajibkan sehabis mengikuti perjalanan wisata, maka artikel kali ini akan memdiberikan pola laporan perjalanan wisata. Berikut ini yaitu contohnya.

Contoh Laporan Perjalanan Wisata


Bab 1. Penlampauan


1.1 Latar Belakang


Kegiatan study tour yang telah dilaksanakan ini merupakan aktivitas tahunan yang diadakan di Sekolah SMAN 1 Suka Maju. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka wawasan seluruh siswa – siswa sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempelajari hal – hal baru, menyerupai daerah – daerah bersejarah, daerah penting, dan sebagai studi banding di sekolah lain.

Kegiatan perjalanan tahun ini dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada tanggal 1 sampai 5 Mei 2015, dengan mengunjungi Kota Yogyakarta dan Bandung. 

Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menyusun laporan kegiatan perjalanan wisata ini sebagai laporan ihwal hal – hal yang telah didapat selama mengikuti kegiatan ini. Selain itu dengan laporan kegiatan wisata ini, penulis sanggup membagikan pengalaman – pengalaman dan ilmu yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut.

1.2 Tujuan


Tujuan penyusunan kegiatan laporan perjalanan ini yaitu :

1. Melaporkan dan mendeskripsikan daerah – daerah wisata yang telah dikunjungi.
2. Melaporkan hal – hal yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan ini.


Bab 2. Isi Laporan


2.1 Laporan Perjalanan


Pada tanggal 1 Mei 2015, seluruh siswa – siswi mengikuti pembekalan terakhir sebelum keberangkatan yang dilaksanakan pada pukul 09. 00 wib. Pembekalan itu diisi oleh kepala sekolah yang memberikan hal – hal yang harus dilakukan dan pesan – pesan kepada siswa – siswi yang akan berangkat.

Pada pukul 15. 00 rombongan dipersilakan memasuki bus masing – masing yang telah ditentukan. Ada sekitar 2 Bus besar yang menampung 80 siswa dan 4 orang guru sebagai pendamping. Setelah, tiruana hal teknis selesai, bus berangkat menuju pelabuhan merak pada pukul 18. 00 wib. 

Pukul 20. 00 wib, bus menaiki kapal feri untuk menyeberang ke pulau Jawa. Di dalam kapal feri, seluruh siswa memasuki kelas 2 untuk diberistirahat. Setelah 3 jam perjalanan dari pelabuhan Bakauheni ke Merak, rombongan datang di Banten pada pukul 23. 00. Setelah itu, bus melanjutkan perjalanannya menuju Bandung sebagai tujuan pertama. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan, sehingga rombongan datang di Bandung pada pukul 05. 00 wib. Rombongan menuju Islamic center untuk melaksanakan solat, memmembersihkankan diri, dan sholat.

Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke Universitas Padjajaran. Di Unpad, rombongan disambut dengan hangat oleh pihak kampus, kemudian dilanjutkan mengikuti jadwal yang telah dipersiapkan oleh pihak Unpad.  Setelah menuntaskan kunjungan pertamanya, rombongan menuju Trans Studio Bandung pada pukul 13. 00. Di sana rombongan didiberikan waktu selama 3 jam untuk mengelilingi Trans Studio Bandung. 

Pada pukul 16. 00 rombongan dibawa menuju Cibaduyut untuk membeli oleh – oleh khas Bandung. Setelah selesai, rombongan kembali melanjutkan perjalanannya menuju kota Yogyakarta dan datang di sana pada pukul 20. 00 wib. Karena hari telah malam, rombongan menuju hotel untuk menginap.

Keesokan harinya, rombongan bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke daerah – daerah wisata yang ada di Yogyakarta, menyerupai Taman Pintar, Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, dan Jalan – jalan di Malioboro pada malam harinya. Setelah itu, rombongan diberistirahat di hotel yang sama. 

Hari diberikutnya, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Universitas Ahmad Dahlan pada pukul 09. 00 sampai pukul 14. 00. Di sana rombongan mengikuti jadwal yang telah dipersiapkan oleh pihak kampus. Setelah itu, rombongan menuju Rumah Bakpia, yaitu daerah membeli bakpia sebagai oleh – oleh pulang.

Pada pukul 16. 00 rombongan kembali pulang ke Bandar Lampung. Kemudian, datang di sekolah pada pukul 07. 00 wib.  Selama perjalanan wisata ini, tiruana hal kondusif dan terkendali.        



2.2 Objek yang Dikunjungi


Objek - objek yang dikunjungi pada perjalanan wisata kali ini beraneka ragam, baik merupakan daerah wisata pendidikan, sejarah, maupun hiburan. Di bawah ini yaitu deskripsi objek - objek wisata yang dikunjungi selama perjalanan wisata.

2.2.1 Universitas Padjajaran
Universitas Padjajaran yaitu sebuah perguruan tinggi tinggi yang cukup dikenal di Jawa Barat. Universitas ini terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Universitas ini didirikan pada tanggal 11 September 1957. 

2.2.2 Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung yaitu salah satu wahana permainan indoor yang terbesar di Indonesia. Di dalam wahana ini banyak sekali permainan – permainan baik permainan yang menghibur maupun permainan yang mendidik. Selain itu, di dalam studio ini sering diadakan parade.

2.2.3 Cibaduyut

Cibaduyut yaitu pusat Industri sepatu terbesar yang ada di Bandung. Tempat wisata belanja ini memperlihatkan produk – produk buatan Indonesia. Selain itu, daerah wisata belanja ini dikenal dengan harganya yang sangat murah.

2.2.4 Taman Pintar
Taman Pintar yaitu taman umum yang ada di kota Jogjakarta. Disebut dengan taman arif alasannya di taman ini banyak sekali permainan – permainan yang mengedukasi masyarakat. 

2.2.5 Candi Prambanan

Candi Prambanan yaitu kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi ini dibangun pada tahun 850 M. Komplek ini mempunyai beberapa bangunan candi yang masih utuh yang tingginya menjulang sampai 47 meter.

2.2.6 Keraton Jogjakarta
Keraton Jogjakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu istana resmi kesultanan Jogjakarta yang didirikan pada tanggal 1756 oleh Sultan Hamengkubuwono I. Kini istana tersebut ditpeduli oleh Sultan Hamengkubuwono IX dan keluarganya.

2.2.7 Malioboro
Malioboro yaitu daerah wisata belanja yang dikenal di Indonesia. Tempat ini menjual aneka macam macam barang khas Jogja, menyerupai bati, dan lain – lain. Tempat wisata ini buka setiap hari, tetapi akan sangat ramai pada malam hari alasannya banyak para perjaka yang mengunjunginya.

2.2.8 Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan yaitu perguruan tinggi tinggi swasta di Yogyakarta, Indonesia. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengembangkan bidang kepakaran atau jadwal studi-program studi dalam bidang teknologi, sosial dan humaniora.

2.2.9 Rumah Bakpia
Rumah Bakpia yaitu pusat daerah pembuatan Bakpia, yaitu makanan khas kota Jogjakarta. Tempat ini wajib dikunjungi bila berkunjung ke Jogjakarta alasannya merupakan orisinil daerah produksinya dan juga harganya sangat murah.


Bab 3. Penutup


3. 1 Kesimpulan


Berdasarkan pengalaman yang didapat dari perjalanan wisata ini, sanggup disimpulkan Indonesia mempunyai banyak daerah wisata yang patut dikunjungi, khususnya kota Bandung dan Jogjakarta. Selain mempunyai daerah wisata sebagai hiburan, kota ini juga mempunyai daerah – daerah wisata, pendidikan, dan bersejarah.

3.2 Saran


Karya wisata ini sangat baik untuk dilaksanakan alasannya mempunyai manfaat yang cukup banyak. Oleh alasannya itu, kegiatan ini sebaiknya terus diadakan dengan mengunjungi daerah – daerah lain yang ada di Indonesia.



Demikianlah Uraian mengenai contoh laporan perjalan biar sedikitnya sanggup membantu anda dalam penyusunannya. Terimakasih
Advertisement

Iklan Sidebar