'/> Pengertian Paragraf Eksposisi Ciri-Ciri,Jenis-Jenis Dan Pola Paragraf Eksposisi

Info Populer 2022

Pengertian Paragraf Eksposisi Ciri-Ciri,Jenis-Jenis Dan Pola Paragraf Eksposisi

Pengertian Paragraf Eksposisi Ciri-Ciri,Jenis-Jenis Dan Pola Paragraf Eksposisi
Pengertian Paragraf Eksposisi Ciri-Ciri,Jenis-Jenis Dan Pola Paragraf Eksposisi
Paragraf Eksposisi. Sobat SE untuk postingan kali ini saya akan membahas perihal Paragraf ekposisi. Silahkan simak sistematika penulisannya: 

 Pengertian Paragraf Eksposisi.
jenis-jenis Paragraf Eksposisi.
contoh-contoh Paragraf Eksposi
si.
ciri-ciri Paragraf Eksposisi. lansung saja ke TKP

Pengertian

Paragraf Eksposisi merupakan karangan yang bertujuan untuk menginformasikan perihal sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Karangan eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Sumber karangan ini sanggup diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.

Paragraf Eksposisi tidak selalu terbagi atas bagian-bagian yang disebut pembukaan, pengembangan, dan penutup. Hal ini sangat tergantung dari sifat karangan dan tujuan yang hendak dicapai.

ciri-ciri paragraf eksposisi, antara lain ialah :
berusaha menjelaskan perihal sesuatu
gaya goresan pena bersifat informatif
fakta digunakan sebagai alat kontribusi
fakta digunakan sebagai alt konkritasi

Jenis-jenis paragraf eksposisi- Berikut ini jenis-jenis paragraf eksposisi beserta teladan

Contoh Paragraf Eksposisi 1 (klasifikasi)


Pemerintah akan memdiberikan dukungan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut diadaptasi dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan menerima dukungan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang menerima dukungan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat menerima dukungan sekitar 30 juta. Calon akseptor dukungan tersebut ditentukan oleh abdnegara desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.

Contoh Paragraf Eksposisi 2 (ilustrasi)


Cengkeh, pohon yang tetap hijau.sysygium aromatikum (eugenia-carllophulinta), orisinil di kepualauan maluku. kuncup bunganya yang belum terbuka ialah rempahnya yang penting. disamping pengguanaan terpenting sebagai rempah-rempah, kuncup bunganya yang berbentuk paku.

Jika sudah dikeringkan, digunakan di pulau jawa sebagai adonan tembakau, ludang keringh-ludang keringh sehabis tahun 1915 dengan pesatnya perusahaan rokok kretek di kudus dan di tempat-tempat selain itu. lalu, adakala sehabis digiling digunakan untuk mengharumkan kue, juga menghasilkan minyak uap yang digunakan sebagai materi obat-obatan dan minyak wangi.

Contoh Paragraf Eksposisi 3 (perbandingan / pertentangan)

Dilapangan, dikala ini para petambak justru tengah memdiberikan benih udang vannamei. meski harganya ludang keringh murah dari udang windu. tetapi, udang vannamei punya keunggulan, yaitu tahan dari banyak sekali penyakit, sedangkan udang windu sangat rentan dengan penyakit.

Contoh Paragraf Eksposisi 4 (laporan)

Sebenarnya, bukan hanya ITS yang mengatakan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga mengatakan Risha alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, praktis dibongkar-pasang, bahkan motonya Pagi Pesan, Sore Huni. Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit ludang keringh mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya sanggup mencapai 50 tahun alasannya ialah komponen struktur menggunakan beton bertulang, diperkuat pelat baja di bab sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium hingga zonasi enam.

Contoh Paragraf Eksposisi 5 (proses)


Sampai hari ke-8, dukungan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai dikala ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu ialah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Kondisi menyerupai ini memperlihatkan bahwa dukungan pemerintah kurang merata.

Contoh Paragraf Eksposisi 6 (definisi)

Ozone therapy ialah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen ,urni dan ozon berenergi tinggi ke dalam badan melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat berguna bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit. 
 
Demikialah ulasan mengenai Paragraf Ekposisi, Semoga berguna dan terimakasih

Advertisement

Iklan Sidebar