'/> Kata Kata Mutiara Orang Sabar Dalam Menghadapi Cobaan

Info Populer 2022

Kata Kata Mutiara Orang Sabar Dalam Menghadapi Cobaan

Kata Kata Mutiara Orang Sabar Dalam Menghadapi Cobaan
Kata Kata Mutiara Orang Sabar Dalam Menghadapi Cobaan
Kata Kata Sabar - ujian dan cobaan di dunia merupakan sebuah keharusan, siapa pun tidak sanggup terlepas darinya. Bahkan, itulah warna-warni kehidupan. Kesabaran dalam menghadapi ujian dan cobaan merupakan tanda kebenaran dan kejujuran akidah seseorang kepada Allah SWT. Ibnul Qoyyim menyampaikan dalam Madarijus Salikin : “Sabar yaitu menahan jiwa dari keluh kesah dan marah, menahan verbal dari mengeluh serta menahan anggota tubuh dari berbuat tasywisy (tidak lurus). Sabar ada tiga macam, yaitu sabar dalam berbuat ketaatan kepada Allah, sabar dari maksiat, dan sabar dari cobaan Allah.”

Sesungguhnya ujian dan cobaan yang tiba bertubi-tubi menerpa hidup insan merupakan satu ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah Azza wa Jalla. Tidak satu pun diantara kita yang bisa menghalau ketentuan tersebut.  Keimanan, keyakinan, tawakkal dan kesabaran yang kokoh amatlah sangat kita butuhkan dalam menghadapi angin puting-beliung cobaan yang menerpa. Sehingga tidak menimbulkan diri kita berburuk sangka kepada Allah SWT terhadap segla Ketentuan-Nya.

Oleh lantaran itu, dalam keadaan apapun, kita sebagai hamba yang diberiman kepada Allah SWT harus senantiasa berbaik sangka kepada Allah. Dan haruslah diyakini bahwa tidaklah Allah menurunkan aneka macam peristiwa alam melainkan sebagai ujian atas keimanan yang kita miliki. Allah sebagaimana tertulisa dalam firman-Nya : “Apakah kalian menerka bahwa kalian akan masuk ke dalam surga, padahal belum tiba kepada kalian (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terlampau sebelum kalian? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan majemuk goncangan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang bersamanya : Bilakah tiba tunjangan Allah? Ingatlah sesungguhnya tunjangan Allah amatlah dekat.” (QS. Al Baqarah : 214)

Kesabaran merupakan masalah yang amat dicintai oleh Allah dan sangat diperlukan seorang muslim dalam menghadapi ujian atau cobaan yang dialaminya. Sebagaimana dalam firman-Nya : “…Allah mengasihi orang-orang yang sabar.” (QS. Al Imran : 146)


Macam-Macam Kesabaran


Oleh lantaran itu sabar dibagi menjadi tiga tingkatan :1. Sabar dari meninggalkan kemaksiatan lantaran takut bahaya Allah, Kita harus selalu berada dalam keimanan dan meninggalkan masalah yang diharamkan. Yang ludang keringh baik lagi adalah, sabar dari meninggalkan kemaksiatan lantaran malu kepada Allah. Apabila kita bisa muraqabah (meyakini dan mencicipi Allah sedang melihat dan mengawasi kita) maka sudah seharusnya kita malu melaksanakan maksiat, lantaran kita menyadari bahwa Allah SWT selalu melihat apa yang kita kerjakan. Sebagaimana tertulis dalam firman-Nya, di surah Al Hadid ayat 4 ” …….. Dan Dia bersama kau di mana saja kau berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kau kerjakan”

2. Tingkatan sabar yang kedua yaitu sabar dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah, dengan terus-menerus melaksanakannya, memelihara keikhlasan dalam mengerjakannya dan memperbaikinya. Dalam menjalankan ketaatan, tujuannya hanya supaya amal ibadah yang dilakukan diterima Allah, tujuannya semata-mata tulus lantaran Allah SWT.

Ada Beberapa Hal Yang Akan Menuntun Seorang Hamba Untuk Bisa Sabar Dalam Menghadapi Ujian Dan Cobaan, Sebagai Berikut :

1. Sebaiknya kita merenungkan dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dan Allah menimpakan ujian atau musibah-musibah tersebut mungkin disebabkan dosa-dosa kita . Sebagaimana firman Allah SWT : “Dan apa saja peristiwa alam yang menimpa kau maka yaitu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (Asy Syuro : 30).

Apabila seorang hamba menyadari bahwa musibah-musibah yang menimpa disebabkan oleh dosa-dosanya. Maka dia akan segera bertaubat dan meminta ampun kepada Allah dari dosa-dosa yang telah dilakukannya

Dan Nabi Muhammad saw bersabda: “Tak seorang muslim pun yang ditimpa gangguan semisal bacokan duri atau yang ludang keringh berat daripadanya, melainkan dengan ujian itu Allah menghapuskan perbuatan buruknya serta menggugurkan dosa-dosanya sebagaimana pohon kayu yang menggugurkan daun-daunnya.” (HR Bukhari dan Muslim). Kaprikornus ujian dan cobaan, sanggup sebagai penggugur dosa-dosa kita dan juga untuk mengangkat kita ke derajat keimanan yang ludang keringh tinggi.

2.. Kita harus menyakini dengan seyakin-yakinnya, bahwa Allah selalu ada bersama kita. Dan Allah telah memdiberikan jaminan untuk kita dalam surah Al Baqarah ayat 286, bahwa ” Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai kesanggupannya. Dan Allah cinta dan ridha kepada orang yang sabar. Sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya sbb: dan sabarlah sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS Al Anfal : 46) Dan Firman-Nya : “…Dan Allah mengasihi orang-orang yang sabar.” (QS.Al Imran : 146)

Bersabarlah maka kita akan melihat betapa dekatnya kelapangan
Barangsiapa yang muraqabah (merasa diawasi) Allah dalam seluruh urusan, ia akan menjadi hamba Allah yang sabar dan berhasil melalui ujian apapun dalam hidupnya. Kesabaran yang didapatkan ini, menurut pada petunjuk Allah dalam Al Quran, surah At Thur ayat 48 :Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kau berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu kadab kau bangkit berdiri”

Dan ketahuilah, bahwa barangsiapa yang mengharapkan Allah, maka Allah akan ada dimana dia mengharap.

3. Kita harus mengetahui bahwa jikalau kita bersabar, maka akan mendatangkan ridha Allah, lantaran ridha Allah SWT, terdapat dalam kesabaran kita, terhadap segala ujian dan ketentuan takdir-Nya, yang kurang kita sukai.

Keutamaan Sabar

Sabar mempunyai kedudukan tinggi yang mulia dalam agama Islam. Oleh lantaran itu, Al Imam Ibnul Qayyim menyampaikan bahwa sabar setengah dari keimanan dan setengahnya lagi yaitu syukur. Ludang keringh jelasnya, akan diuraikan beberapa penyebutan ash-shabr dalam Al Qur’an dengan uraian yang ringkas sebagai diberikut:

1. Sabar Merupakan Perintah Mulia Dari Rabb Yang Maha Mulia
Allah SWT berfirman : “Hai orang-orang yang diberiman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar,..” (QS. Al-Baqarah: 153)
dalam ayat yang lain Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang yang diberiman bersabarlah dan kuatkanlah kesabaranmu,..…” (QS.Ali Imran: 200)

Konteks (kandungan) dari kedua ayat diatas menunjukan bahwa sabar merupakan perintah dari Allah SWT. Sabar termasuk ibadah dari ibadah-ibadah yang Allah wajibkan kepada hamba-Nya. Terludang keringh lagi, Allah SWT kuatkan perintah sabar tersebut dalam ayat yang kedua. Barangsiapa yang memenuhi kewajiban itu, berarti ia telah menduduki derajat yang tinggi di sisi Allah SWT2. Pujian Allah SWT Terhadap Orang-Orang Yang sabar
Allah SWT memuji mereka sebagai orang-orang yang benar dalam keimanannya. Sebagaimana firman-Nya: “….. dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang yang benar (imannya). Dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 177)

Dalam kitab Madarijus Salikin 2/152 Al Imam Ibnul Qayyim, mengutarakan bahwa ayat yang ibarat ini banyak terdapat dalam Al Qur’an. Sehingga keberadaan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah yaitu benar-benar menjadi barometer keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

3. Mendapat Kecintaan Dari Allah SWT

Semua orang yang diberiman berharap menjadi golongan orang-orang yang dicintai oleh Allah SWT. Dan Allah mengabarkan kepada hamba-Nya bahwa golongan yang mendapatkan kecintaan-Nya yaitu orang-orang yang sabar terhadap ujian dan cobaan dari-Nya. Sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya
“…….., dan Allah itu menyukai/mencintai orang-orang yang sabar.” (QS. Ali Imran: 146)

.Dan Allah selalu bersama orang-orang yang sabar, ibarat tertulis dalam firman-Nya: “…..…dan bersabarlah, sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anfal: 46)

Yang dimaksud dengan Allah bersama orang-orang yang sabar yaitu penjagaan dan tunjangan Allah SWT selalu menyertai orang-orang yang sabar. Sebagaimana pula diterangkan dalam hadits diberikut ini:

“Ketahuilah olehmu! Bahwasannya datangnya tunjangan itu bersama dengan kesabaran.” (HR. At Tirmidzi, dari shahabat Ibnu ‘Abbas ra)

4.. Shalawat, Rahmat dan Hidayah Bersama Orang Yang Sabar

Allah SWT senantiasa mencurahkan shalawat, rahmat dan hidayah-Nya kepada orang-orang yang sabar. Karena jikalau mereka ditimpa ujian dan cobaan dari Allah mereka kembalikan urusannya kepada Sang Pencipta, yang memilikinya.

Sifat mulia yang dimiliki orang yang sabar ini dikisahkan oleh Allah dalam firman-Nya disurah Al Baqarah, ayat 156-157 : “orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji�uun (esungguhnya kami adalahmilik Allah dan hanya kepada-Nya-lah kami kembal). Mereka itulah yang menerima keberkatan yang tepat dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang menerima petunjuk.”

Atas dasar ini, bila kita ditimpa peristiwa alam baik besar maupun kecil, dianjurkan mengucapkan kalimat ini, dan ini yang dinamakan dengan kalimat istirja’ (pernyataan kembali kepada Allah SWT). Kalimat istirja’ akan ludang keringh tepat lagi jikalau ditambah setelahnya dengan do’a yang diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad saw sebagai diberikut :“Ya Allah, diberilah ganjaran atas peristiwa alam yang menimpaku dan gantilah peristiwa alam itu yang ludang keringh baik bagiku.”

Barangsiapa yang membaca kalimat istirja’ dan berdo’a dengan do’a di atas pasti Allah SWTakan menggantikan peristiwa alam yang menimpanya dengan sesuatu yang ludang keringh baik. (Hadits riwayat Al Imam Muslim 3/918 dari shahabiyah Ummu Salamah.)

Suatu kadab Ummu Salamah ditinggal suaminya Abu Salamah yang mati syahid di medan perang (jihad). Kemudian ia mengucapkan do’a ini, sehingga Allah SWT memenuhi janji-Nya dengan memdiberikan pendamping (jodoh) baginya dengan sebaik-baik pendamping yaitu Rasulullah saw. Sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengingkari janji-Nya.

5.. Mendapatkan Ganjaran Yang Ludang keringh Baik Dari Amalannya

Allah SWT memdiberikan ganjaran bagi orang yang sabar meludang keringhi perjuangan atau amalan yang ia lakukan. Sebagaimana firman-Nya :

“……Akan tetapi jikalau kau bersabar, sesungguhnya itulah yang ludang keringh baik bagi orang-orang yang sabar. “ (An Nahl: 126)

Dalam ayat lainnya, Allah SWT menjanjikan akan memdiberikan jaminan kepada orang yang sabar dengan ganjaran tanpa hisab (tanpa batas). Sebagaimana firman-Nya : “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang diberiman. bertakwalah kepada Tuhanmu.” Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu yaitu luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (Az Zumar: 10)

6.. Mendapat Ampunan Dari Allah SWT

Selain Allah memdiberikan ganjaran yang ludang keringh baik dari amalannya kepada orang yang sabar, Allah juga memdiberikan ampunan kepada mereka. Sebagaimana tertulis dalam firman-Nya : ”kecuali orang-orang yang sabar (terhadap musibah), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar”. (Hud: 11)

Dari �Aisyah, ia berkata: “Rasulullah saw bersabda: “Tidak ada suatu peristiwa alam pun yang menimpa seorang muslim, melainkan Allah SWT telah menghapus dengan peristiwa alam itu dosanya. Meskipun peristiwa alam itu yaitu duri yang menusuk dirinya.” (HR. Al-Bukhari no. 3405 dan Muslim 140-141/1062)

7.. Mendapat Martabat Tinggi Di Dalam Surga

Anugerah yang ludang keringh besar bagi orang-orang yang sabar yaitu berhak mendapatkan martabat yang tinggi dalam Surga. Allah SWT berfirman : “Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam syurga) lantaran kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya. (Al Furqaan: 75)

8.. Sabar Adalah Jalan Terbaik

Semua uraian di atas menawarkan bahwa sabar ialah jalan yang terbaik bagi siapa saja yang menginginkan kebaikan dunia dan akhiratnya.

Dari shahabat Shuhaib bin Sinan, Rasulullah saw bersabda :
“Sungguh mengagumkan urusan orang mukmin, sungguh tiruana urusannya baik baginya, yang demikian itu tidaklah dimiliki seorang pun kecuali hanya orang yang diberiman. Jika menerima kebaikan (kemudian) ia bersyukur, maka itu merupakan kebaikan baginya, dan jikalau keburukan menimpanya (kemudian) ia bersabar, maka itu merupakan kebaikan baginya.” (HR. Muslim)


 ujian dan cobaan di dunia merupakan sebuah keharusan Kata Kata Mutiara Orang Sabar Dalam Menghadapi Cobaan

Contoh Kata Kata Mutiara Orang Sabar

Adakalanya sebuah keputusan tidak sesuai dengan apa yg kita harapkan:) tapi dari situ kita mencar ilmu untuk tulus dan sabar

Aku akan menjadi eksklusif yang ludang keringh sabar menghadapi kesusahan dan ludang keringh tulus mendapatkan perpisahan.

Allah menyukai orang yang sabar dan ikhlas. Maka tersenyumlah dikala sedih, tetap memaafkan ketika kecewa.

apapun duduk masalah yg kau hadapi hari ini, hadapi dg sabar , jgn menurunkan kualitas dirimu

Bingung hadapi duduk masalah yang ada, tapi tetap sabar, dan selalu tersenyum

Intinya yg selalu sabar dan tulus akan mendapatkan kebahagian yg ludang keringh.

Jadikan cobaan sebuah pelajaran, jgn pernah mengeluh krn kesusahan, di situ kita diajarkan utk menjadi orang yg sabar

Jadikan cobaan sebuah pelajaran, jgn pernah mengeluh krn kesusahan, di situ kita diajarkan utk menjadi orang yg sabar

Jangan berlomba untuk menemukan kesalahan orang lain, tapi berlombalah untuk menghindari kesalahan yang sama.

Jangan pernah mengalah dan berusaha lari tapi hadapilah cobaan yang ada di depan kita dengan rasa sabar.

kalo setiap dongeng hidup kita selalu indah, hati ini tak pernah kenal bersahabat dengan sabar dan ikhlas

Kehidupan akan berkah bila dijalani dgn ikhlas, sabar, penuh rasa syukur dan tidak pernah mau merugikan orang lain

Kenangan tak akan sanggup berubah, meski orang di dalamnya telah berubah. Tapi kau harus mencar ilmu tak mengingatnya jikalau ingin terus melangkah.

Kerugian terbesar bukanlah ketika mengalami kegagalan, melainkan ketika Kita gagal mencar ilmu dari kegagalan tersebut.

Kadab duduk masalah datang, Allah tidak meminta kita untuk memikirkan jalan keluar sampai penat, Allah hanya meminta kita sabar dan shalat

Masalah bukan untuk dihadapi dengan kasar, tetapi disikapi dengan sabar

Masalah tidak akan menjadi rumit jikalau kau sanggup menyikapinya dengan sabar dan dengan kelapangan hati.

Memutar waktu itu memang tidak mungkin. Tapi memperbaiki hidup yg ludang keringh baik dari sekarang, tidak ada kata tidak mungkin.

Menjadi sabar dan tulus memang tak gampang, tapi itu harus. Belajarlah untuk mendapatkan arti kehilangan dan penantian

orang yg besar lengan berkuasa dan sabar yaitu orang yg berjaya mnyembunyikan perasaan sedihnya kpda orang lain dan sentiasa mengukir senyuman dengan ikhlas

SABAR yaitu mitra terbaik dalam melewati setiap cobaan yang muncul dalam hidup kita…

Sabar dalam menjalani hidup, sabar dalam menuntaskan duduk masalah merupakan langkah pendewasaan diri.

Sabar dan Ikhlas yaitu jalan tergampang menuju kebahagiaan

Sabar dan ikhlas, sanggup ngejadiin kau seorang yg mulia dan terhormat di dunia sekalipun kau bukan apa-apa.

Sahabat yaitu mereka yg menggenggam tanganmu kadab kau kesusahan, tapi yg juga tahu kapan melepasmu berjuang sendiri tuk mencar ilmu dewasa

Sebelum lahir kita sudah mengenal sabar dan ikhlas, kadab ibu melewati masa mengandung dan melahirkan, ketika ayah berjuang penuhi kebutuhan

Sedih lantaran kehilangan sesuatu itu manusiawi. Tapi percayalah, Allah sedang menyediakan hadiah terbaik untukmu yang sabar dan ikhlas

Semoga Tuhan mengaruniai sabar yg tak terbatas dan tulus yg tak bertepi untuk kita tiruana. Apapun rintangan dan cobaan akan. ludang keringh ringan

Setiap duduk masalah mempunyai jalan keluar, tetap hening sabar dan teruslah berusaha mencari jalan keluar

Setiap pekerjaan ada resikonya, setiap kesuksesan pun juga ada resikonya. SABAR dan IKHLAS sanggup mengubah resiko jadi ludang keringh indah

terkadang kita akan diuji atas perencanaan yang kita buat. diuji ikhlas, sabar dan kuatnya mental

Ternyata cara supaya senang dan sanggup menikmati hidup yg sederhana itu gampang. Caranya yaitu dengan mensyukuri apa yg telah kita miliki.

Tuhan bantu saya untuk selalu bersyukur atas tiruana keadaan, sabar menjalani duduk masalah dan tulus akan tiruana takdirmu

Tuhan bersama orang-orang yang sabar dalam menghadapi cobaan.

U/menjadi kompeten, syarat utamanya yaitu rendah hati. Rendah hati=sabar dan tulus untuk diajari oleh proses yg bs jd panjang & melelahkan

Wanita ahli yaitu dia yg berusaha menimbulkan hidupnya ludang keringh baik dengan berfikir bahwa setiap kesmpatan sanggup diciptakan dari diri sendiri.

Ya Allah, jadikanlah saya hambaMu yang ludang keringh sabar serta menyadari bahwa cobaan yaitu cara menciptakan diriku menjadi ludang keringh baik. AMIN!

Ya Robb, tuntun hamba supaya selalu berusaha ludang keringh baik, selalu tulus dan sabar dalam menghadapi cobaan dariMu

Yakin itu tidak berdiri sendiri. ia bergandengan dgn syukur, dgn sabar, dgn ikhlas, dgn ridho, dgn baik sangka, dan lainnya.

Yang sudah berjalan baik, tidak ada masalah, kita rusak lantaran tidak sabar, prasangka, terlalu sensitif dan sebagainya.
Demikianlah Kata kata Mutiara Sabar yang sanggup andmin sajikan kesempatan kali ini gampang-gampangan mempunyai kegunaan sekali untuk menimbulkan anda ludang keringh sabar dan ludang keringh berwawasan mengenai kesabaran yang sebenarnya. terimakasih 
Advertisement

Iklan Sidebar