'/> Contoh Teks Eksposisi

Info Populer 2022

Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi
Contoh teks Eksposisi. Sobat SE,  Kali ini admin akan mengulasi sedikit mengenai teks Ekposisi, mungkinkalian sudah faham dan mengerti mengenai teks eksposisi, Biar Pengetahuannya Ludang keringh mantap dan Benar-benar difahami, Admin akan sedikit menyebarkan Contoh Teks Eksposisi. Tapi Sebalumnya Silahkan simak ulasan sbb:

PengertianTeks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi ialah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan terpercaya. Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau sanggup dikatakan non fiksi. Contoh-contoh teks eksposisi sanggup dilihat diberita-diberita atau koran, namun rujukan eksposisi sanggup dilihat dibawah ini tetapi sebelum itu mari kita pelajari teks eksposisi ludang keringh dalam dengan melihat jenis, ciri-ciri struktur dan tujuan eksposisi antara lain sebagai diberikut... 

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

  • Eksposisi definisi
  • Eksposisi Proses
  • Eksposisi Klasifikasi
  • Eksposisi Ilustrasi
  • Ekskposisi Perbandingan
  • Eksposisi Laporan 

Ciri-Ciri Teks Eksposisi 

  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan 
  • Gaya informasi yang mengajak 
  • Penyampaian secara lugas dan memakai bahasa yang baku 
  • Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca 
  • Fakta dibakai sebagai alat bantuan dan alat kontritasi 
  • Struktur Teks Eksposisi
  • Tesis (Pembukaan)
  • Argumentasi (Isi)
  • Penegasan Ulang (Penegasan ulang)
  • Tujuan Teks Eksposisi
  • Tujuan teks eksposisi ialah untuk memaparkan atau menjelaskan infomasi-informasi tertentu sehingga pengetahuan para pembaca bertambah.
Kali ini admin akan mengulasi sedikit mengenai teks Ekposisi Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi


Contoh Teks Eksposisi

Mangga dan Agroklimat

Mangga ialah flora buah dengan tingkat ketergantungan yang tinggi pada agroklimat. Ada flora buah yang tidak begitu tergantung pada faktor agroklimat, contohnya nangka dan alpukat. Ada juga yang tingkat ketergantungannya pada agroklimat sangat tinggi, contohnya apel. Hampir tak ada flora yang sanggup seratus persen bebas dari faktor agroklimat, kecuali flora itu dibudidayakan dalam green house yang tersolir dari udara luar dan komplit dengan pengatur suhu dan kelembapan. Mangga memang flora buah tropis, tetapi beliau justru tidak menyukai kelembapan dan curah hujan yang tinggi. Itulah sebabnya buah itu kemudian dibudidayakan di daerah guru ibarat Meksiko, Mesir, dan Israel, atau di daerah subtropis ibarat Australia dan Taiwan. Pokoknya, semakin kering dan gerah suatu kawasan, flora mangga semakin menyukainya. Di Indonesia pun mangga hanya sanggup tumbuh baik di dataran rendah dengan curah hujan sedikit ibarat Indramayu, Pasuruan, dan Probolinggo 
Meskipun menyukai daerah kering dengan udara gerah, mangga tetap memerlukan banyak air. Unsur utama untuk membentuk buah memang air, udara (CO2) dan unsur hara. Dari tiga unsur tersebut, air diharapkan flora mangga dalam jumlah paling banyak. Oleh alasannya ialah itu, meskipun udara di Pasuruan dan Probolinggo cukup gerah dan kering, air tanahnya cukup dangkal sehingga cocok untuk flora mangga. Di luar Jawa, daerah yang agroklimatnya ibarat itu antara lain di daerah lembah palu. 
Di dataran rendah yang kering, flora mangga sanggup mendapatkan sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah. Semakin intensif sinar matahari, semakin bagus buah yang dihasilkan. Itulah sebabnya daerah gurun sanggup menghasilkan buah mangga yang cukup manis. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, flora mangga sanggup leluasa membentuk karbohidrat dan gula. 
Indonesia yang terletak di daerah tropis memang mempunyai banyak variasi agroklimat. Ada daerah yang ekstrem kering, ada juga yang ekstrem basah. Ada dataran tinggi yang dingin, ada pula dataran rendah yang gerah. Kontur berair yang menggelombang dan berbukit-bukit juga menguntungkan lantaran megampangkan sistem pengairan dengan memakai sistem gravitasi-namun memakai mesin-mesin yang berat. Akan tetapi, secara keseluruhan, agroklimat di Indonesia sangat menguntungkan bagi pengembangan agrobisnis modern. 
Kondisi agroklimat yang menguntungkan itu kadang kala justru sanggup berbalik menjadi ancaman. Selama ini kita selalu membanggakan tanah air kita yang rindang dan makmur. Kita juga membanggakan jumlah koleks plasma nutfah mangga kita yang mencapai peringkat nomor dua di dunia sesudah India. Akan tetapi, rahasia Thailand, Mesir, Taiwan, dan Australia mengebunkannya. Di Australia tersedia lahan yang sangat luas, modal yang sangat besar, teknologi yang sangat canggih, dan agroklimat yang cocok untuk mangga. Oleh alasannya ialah itu, kita akan ketinggalan kalau hanya mengtangguhkan kondisi agroklimat yang "rindang makmur"

 Hapuskan UN

  1. Sudah diketahui oleh tiruana orang bahwa pendidikan formal itu penting. Dan untuk mengakhiri suatu pendidikan formalagar seorang siswa atau siswi sanggup melanjutkan pendidikannya ke janjang yang ludang keringh tinggi, dibutuhkan suatu penilaian, berupa ujian akhir. Ujian simpulan inilah yang nantinya memilih seorang siswa pantas tidaknya lulus dari suatuu pendidikan formal
  2. Ujian Nasional atau yang ludang keringh dikenal dengan UN merupakan salah satu contohnya. Walaupun banyak keluhan yang berdatangan menganai kerugian pengaplikasian UN, namun tidak sanggup dipungkiri kalau UN juga banyak memdiberi akhir kasatmata di segala bidang.Maka dari itu,saya mempunyai keyakinan yang berpengaruh bahwa UN tidaklah harus dihapuskan, melainkan harus terus dijalankan.
  3. Kayakinan itu tentu beralasan. Dengan adanya UN, siswa maupun siswi yang melaksanakannya, akan mempunyai motivasi yang tinggi untuk terus belajar. Hal ini sanggup dilihat dari banyaknya siswa yang menikuti les atau bimbel, demi meningkatkan kemampuan mereka. Dan dengan adanya UN juga menguntungkan bagi siswa yang ingin masuk PTN, lantaran sebagian besar Perguruan Tinggi Negeri mendapatkan siswa dengan melihat hasil skor UN mereka.
  4. Tidak hanya siswa, namun UN juga menguntungkan para guru. Dari adanya kegiatan UN, disinilah kreativitas seorang guru dipacu bagaimana biar siswa dan siswi mereka mengerti akan materi yang akan di-UN-kan. Seorang guru niscaya akanmendapatkan banyak informasi dan pengetahuan mengenai aneka macam macam hal yang sanggup mereka jadikan materi asuh untuk siswa yang mereka bimbing.Contohnyaa mereka akan ludang keringh menguasai materi pembelajaran, taktik pembelajaran, dan cara yang cepat untuk meningkatkan skor siswanya.
  5. Sekolahpun menerima akibatnya. Predikat suatu sekolah akan meningkat dimata pemerintah,apabila skor rata-rata UN siswa di sekolah tersebut tinggi. Dan UN pula sanggup dijadikan alat penelitian sekolah untuk melihat sejauh mana prestasi siswa dan siswi di sekolah tersebut, yang sanggup dijadikan sebagai tolak ukur untuk meningkatkan kinerja sekolah.
  6. Dengan adanya UN, pemerintahpun mendapatkan data yang penting perihal mutu pendidikan di daerahnya. Dengan demikian, data tersebut tentupemerintah akan sanggup ludang keringh memperhatikan pengontrolan terhadap penyelenggaraan pendidikan.
  7. Penerapan UN ini haruslah terus dijalankan. Seperti yang saya katakan sebelumnya, akhir kasatmata yang sanggup diakibatkan oleh kegiatan UN sangatlah banyak. Maka dari itu saya menyakini kalau UN dilarang dihapuskan.

PERBAIKAN
Jangan Hapuskan UN
  1. 1) Sudah diketahuai oleh tiruana orang bahwa pendidikan fornal itu penting. Untuk mengakhiri satu jenjang pendidikan fornal dan untuk sanggup melanjutkan pendidikan ke jenjang yang ludang keringh tinggi, dibutuhkan suatu evaluasi berupa Ujian Nasional.
  2. Ujian Nasional atau yang ludang keringh dikenal dengan UN merupakan salah satu contohnya. Walaupun banyak keluhan yang berdatangan mengenai kerugian pengaplikasian UN, namun tidak sanggup dipungkiri kalau UN juga banyak memdiberi akhir kasatmata di segala bidang. Untuk itu, saya mempunyai keyakinan yang berpengaruh bahwa UN tidak harus dihapuskan, melainkan harus terus dijalankan.
  3. Ketakinan itu tentu beralasan. Dengan adanya UN, siswa maupun siswi yang melaksanakannya akan mempunyai motivasi yang tinggi untuk terus belajar. Hal ini sanggup dilihat dari banyaknya siswa yang mengikuti les atau bimbel demi meningkatkan kemampuan mereka. Dengan adanya UN juga menguntungkan bagia siswa yang ingin masuk PTN, lantaran sebagian besar Perguruan Tinggi Negeri mendapatkan siswa dengan melihat hasil skor UN mereka.
  4. Tidak hanya siswa, namun UN juga menguntungkan para guru. Dengan adanya kegiatan UN, disinilah kreativitas seorang guru dipacu bagaimana biar siswa dan siswi mereka mengerti akan materi yang di-UN-kan. Seorang guru niscaya akan mencari banyak informasi dan pengetahuan mengenai aneka macam macam hal yang sanggup mereka jadikan materi asuh untuk siswa yang mereka bimbing. Contohnya mereka akan ludang keringh menguasai materi pembelajaran, taktik pembelajaran, dan cara yang sempurna untuk meningkatkan skor siswa.
  5. Sekolahpun menerima akibatnya. Predikat suatu sekolah akan meningkat dimata pemerintah, apabila skor rata-rata UN siswa di sekolah tersebut tinggi. UN juga sanggup dijadikan alat untuk meneliti sejauh mana prestasi siswa dan siswi di sekolah tersebut, yang sanggup dijadikan sebagai patokan untuk meningkatkan kinerja sekolah.
  6. Dengan adanya UN pemerintah sanggup mendapatkan banyak data yang penting perihal mutu pendidikan di daerah itu. Dengan adanya data tersebut tentu pemerintah akan sanggup ludang keringh mengontrol penyelenggaraan pendidikan.
  7. Dengan demikian, penerapan UN ini membawa akhir kasatmata di segala bidang. Oleh lantaran itu, saya meyakini bahwa UN merupakan satu-satunya model evaluasi yang akibattif di gunakan dan patut untuk terus dilaksanakan.

Demikianlah Sedikit Ulasan mengenai Contoh teks Eksposisi Semoga berkhasiat, terimakasih  
Advertisement

Iklan Sidebar