'/> Contoh Paragraf Analogi

Info Populer 2022

Contoh Paragraf Analogi

Contoh Paragraf Analogi
Contoh Paragraf Analogi
Contoh Paragraf AnalogiSobat SE, Kali ini admin akan sedikit mengulas mengenai Paragraf Analogi, Sebelum Kepada Conoth dari Paragraf Analogi, Mari kita simak pengertian mengenai Paragraf Analogi.  Paragraf Analogi adalah paragraf yang penalarannya dengan cara membandingkan dua hal yang banyak mengandung persamaan. Dalam menciptakan paragraf analogi ini kita diharuskan memikirkan 2 hal yang mempunyai kesamaan. Proses berfikir ini ialah yang disebut proses berfikir Induktif. Makara proses berfikir induktif ialah proses berfikir yang bergerak dari pandangan umum kemudian menuju kepada klarifikasi yang ludang keringh khusus lagi. Atau sanggup dengan simpel kita pahami bahwa Berfikir induktif sanggup dikatakan dengan meletakkan gagasan utama di awal paragraf mirip pada paragraf induktif.

Paragraf analogi yaitu budi sehat dengan cara membandingkan dua hal yang banyak mengandung persamaan. Dengan kesamaan tersebut dapatlah ditarik kesimpulannya. Paragraf analogi ini merupakan serpihan paragraf induktif. Untuk ludang keringh Jelas Mengenai Paragraf analogi mari kita simak Ciri-ciri Paragraf Analogi : 
  1. Dalam Paragraf analogi hanya membandingkan dua hal yang berbeda namun secara esensial mempunyai tingkat kesetaraan yang sama berupa peristiwa, keadaan dan lain-lain.
  2. Dalam paragraf analogi biasanya berupa kalimat-kalimat penjelas yang menggambarkan persamaan dalam hal esensi dongeng dari dua hal yang berbeda.
  3. Dalam paragraf analogi mempunyai gagasan utama yang terletak di final paragraf yang bersifat menyimpulkan dari dua hal yang sebelumnya telah dibandingkan atau dianalogikan.

 Kali ini admin akan sedikit mengulas mengenai Paragraf Analogi Contoh Paragraf Analogi
Contoh Paragraf Analogi

CONTOH PARAGRAF ANALOGI  1


Sebuah tiang yang terbuat dari materi yang berkelas baik tidak simpel digoyahkan apalagi dirobohkan. Siapa saja yang ingin merusak akan sia-sia saja alasannya yaitu kekuatan yang dimilikinya berbeda dengan tiang yang dibentuk dari materi yang bermutu rendah. Tiang yang terbuat dari materi yang bermutu rendah simpel untuk dirobohkan. Begitu pula dengan keimanan yang dimiliki seseorang. Seseorang yang diberiman dengan dasar keagamaan yang besar lengan berkuasa tidak akan simpel digoyahkan oleh godaan dan imbas yang akan merusak keimanannya. Dengan demikian keteguhan keyakinan seseorang sanggup diibaratkan sebagai kekokohan tiang yang berkelas baik.

Budi yaitu anak yang penakut sikapnya ini membuatnya sering jadi materi mainan teman-temannya. Bagai kerbau dicocok hidung ia selalu mengikuti apa kata orang lain. Sehingga ia tidak sanggup berkembang dan selalu hanya sanggup membisu sama mirip kerbau yang hanya sanggup membisu kadab hidungnya dicocok untuk melaksanakan apa yang diinginkan tuannnya.

Belajar dengan memakai buku dan kertas mirip pedang yang berkepala dua . Jika memakai kertas terlalu banyak sanggup mengakibatkan hutan gundul dan pemansan global terjadi. Tapi apabila tidak memakai kertas sanggup mengakibatkan orang tidak sanggup berguru dengan baik apalagi yang mempunyai tingkat ekonomi terbatas serba salah untuk mengambil keputusan mirip ketika menggukan pedang berkepala dua yang sanggup menyerang 2 arah yang berlawanan. 

Pertumbuhan tindak kejahatan korupsi di Inodnesia terus bertumbuh pesat. Baru saja ada yang tertangkap sudah muncul banyak tersangka lain yang terus menghebohkan dunia perpolitikan Indonesia. Sama halnya mirip pepatah mati satu tumbuh seribu . Begitulah juga keadaaan tindak korupsi di negara ini yang terus tumbuh pesat dan merugikan banyak orang.



Belajar matematika butuh ketelitian apalagi kadab mempelajari beberapa serpihan tertentu yang butuh tingkat ketelitian yang tinggi. Sama mirip kita mencari jarum di tumpukan jerami ialah hal yang susah namun bukanlah tidak mungkin kalau dilakukan dengan penuh semangat dan konsentrasi.

Ternyata monyet merawat anaknya mirip dengan cara menusia merawat anaknya. Mereka juga menyusui anaknya dan tentunya mereka juga selalu menggendong anaknya penuh belas kasih. Induk monyet juga sangat mengjaga anaknya dari marabahaya sama mirip ibu kita yang juga selalu menjaga kita.


Contoh Paragraf Analogi 2

Seseorang yang menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung. Sewaktu mendaki, ada saja rintangan mirip jalan yang menciptakan seseorang terjatuh. Adapula semak belukar yang sukar dilalui. Dapatkah seseorang melaluinya?. Begitu pula menuntut ilmu, seseorang akan mengalami rintangan mirip kesusahan ekonomi, kesusahan memahami pelajaran, dan sebagainya. Apakah seseorang sanggup melaluinya?. Makara menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung untuk mencapai puncaknya.

Para atlet mempunyai latihan fisik yang keras guna membentuk otot-otot yang besar lengan berkuasa dan lentur. Demikian juga dengan tentara, mereka memerlukan fisik yang besar lengan berkuasa untuk melindungi masyarakat. Keduanya juga membutuhkan mental yang teguh untuk bertanding ataupun melawan musuh-musuh di lapangan. Oleh alasannya yaitu itu, untuk menjadi atlet dan tentara harus mempunyai fisik dan mental yang kuat.
Hidup insan mirip roda yang terus berputar. Kadang ada di atas dan kadang beradadi bawah. Saat mereka berada di atas mereka sanggup mendapat apapun yang merekainginkan, tapi sebaliknya kadab mereka berada di bawah susah sekali untuk meraihkeinginan yang mereka

dambakan. Ada kalanya bagi mereka yang sedang berada diatas janganlah bersikap sombong dan ingatlah bahwa kesuksesab tersebut hanya bersifat sementara. Dan bagi mereka yang berada di bawah, janganlah berputus asa.Karena masih banyak cara untuk mendapat kesuksesan tersebut yaitu dengan berusaha dan berdoa.

Membaca Paragraf Analogi

Sifat insan mirip padi yang terhampar di sawah yang luas. Kadab insan itumeraih kepandaian, kebesaran, dan kekayaan, sifatnya akan menjadi rendah hati dandermawan. Begitu pula dengan padi yang semakin diberisi, ia akan semakin merunduk.Apabila padi itu kosong, ia akan bangun tegak.


Demikianlah Ulasan Mengenai Contoh Praragraf Anlogi, Semoga Membantu anda dalam menuntaskan tugas-tugas sekolah ataupun Yang lainnya. Terimakasih
Advertisement

Iklan Sidebar