'/> Teks Orisinil Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 1945

Info Populer 2022

Teks Orisinil Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 1945

Teks Orisinil Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 1945
Teks Orisinil Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 1945
Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia - Isi dari naskah teks yang dibacakan pada  17 Agustus 1945 pukul 10.00, Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta Pusat. Hingga kini, pada setiap Upacara peringatan Kemerdekaan RI akan dilakukan pembacaan naskah teks proklamasi. Tahukah kita, bahwa teks yang dibacakan tersebut bukanlah naskah yang pertama kali dirumuskan.

Sejak ketika itulah Indonesia dinyatakan merdeka dari penjajahan Hindia Belanda.Teks naskah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia ini ditulis secara pribadi oleh Ir. Soekarno, sang Bapak Proklamator Republik Indonesia, bersama Moh. Hatta.

Naskah teks proklamasi sempat mengalami perubahan. Berikut ini merupakan isi teks awal naskah proklamasi sebelum mengalami perubahan bunyi.


Teks Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945



Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, 17 - 8 - '05
Wakil2 bangsa Indonesia.



Kemudian, Mohamad Ibnu Sayuti Melik mengetik teks naskah proklamasi yang telah mengalami perubahan, yang dikenal dengan sebutan naskah "Proklamasi Otentik", yang isinya yaitu sebagai memberikankut :


P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.





Kemudian, Sukarni mengusulkan biar yang menandatangani teks proklamasi itu yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Pada teks naskah proklamasi klad maupun otentik tertulis angka "tahun 05", bukan 1945. Tahun 05 merupakan akronim dari angka "tahun 2605", tahun penanggalan yang berlaku di Jepang.


Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


Para pejuang muda menuntut Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan melalui radio, disusul pengambilalihan kekuasaan. Mereka juga menolak rencana PPKI untuk memproklamasikan kemerdekaan pada 16 Agustus 1945.

Di kediaman Laksamana Maeda (Jl. Imam Bonjol No. 1) para pejuang kemerdekaan melaksanakan rapat semalam suntuk untuk mempersiapkan teks Proklamasi. Dalam rapat tersebut dihasilkanlah konsep naskah Proklamasi dan telah disepakati konsep Soekarnolah yang diterima, kemudian disalin dan diketik oleh Sayuti Melik, dan pagi harinya tanggal 17 Agustus 1945.

Berhubung sebab alasan keamanan pembacaan teks Proklamasi dilakukan di rumah kediaman Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta (sekarang menjadi Jalan Proklamasi No. 1). Tepat pada jam 10 pagi waktu Indonesia belahan barat hari Jum’at Legi, Soekarno yang didampingi Moh. Hatta membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Demikianlah Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, semoga memberi manfaat dan terima kasih.
Advertisement

Iklan Sidebar