'/> Kumpulan Kata Kata Mutiara Islam Terbaru 2016

Info Populer 2022

Kumpulan Kata Kata Mutiara Islam Terbaru 2016

Kumpulan Kata Kata Mutiara Islam Terbaru 2016
Kumpulan Kata Kata Mutiara Islam Terbaru 2016
Kata Kata Mutiara Sahabat SE. Kali ini admin akan mengajak andakata Kata mutiara Islam yang yang saya ambil dari Hadist Dan Alqur'an Mudah-memperringan dan sepelean yang disajikan ini memmemberikankan sedikitnya memmemberikankan pencerahan buat anda tiruananya, untuk senantiasa memahami, Pesan dalam Al-qur'an dan Hadits Nabi, selaligus kita sanggup mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, Membuat hidup kita semakinbaik dan terarah. Dalam sebuah Hadits Rosulluh Pernah berpesan Kepada Istri Beliau yaitu Aisyah ra, Dengan 3 Perkara: 

Pertama: Saddidu, Berlaku luruslah, hidup ini harus lurus, senandainya bengkok, kita perbaiki menjadi lurus, Kedua: Waqorribu. terus merapat, artinya kita senantiasa melaksanakan pendekatan dengan cara memanfaatkan kesemapatan dihadapat kita untuk ibadah kepada Allah. Yang Ketida, Wa absiru. Berilah kabar gembari kepada orang yang mau ingin gembira, Artinya sesuatu yang membuat kita gembira. 


Sempurnakanlah ilmu-akal (keimanan batiniah) dan juga sempurnakanlah amal-ibadah (keimanan lahiriah). Puncak dari segala ilmu dan amal itu, ialah pembentukan segala budpekerti yang terpuji (wujud pribadi pembangunan kehidupan akhirat).

Pahamilah ayat-ayat-Nya (tertulis/tidak), secara makin 'sempurna' (makin tidak ada yang kurang, mendalam, konsisten, utuh & tidak saling bertentangan), supaya bisa makin 'mendekati' tingkat pemahaman nabi Muhammad saw.



Kumpulan Kata Mutiara Islam, Hadis dan Al-Qur'an


"Ajal ada saatnya. Ketidak ringan dan sepelean bukan berarti harus kita sikapi dengan putus asa. Pastikan kita bisa mengenal diri dengan ludang kecepeh baik, mengenal diri dengan ludang kecepeh baik, mengenal kemampuan ludang kecepeh paling bagus. Jangan melaksanakan sesuatu tanpa tahu ilmu, tanpa tahu kebenaran, lantaran bisa jadi bumerang. Tidak usah memaksakan diri supaya kelihatan ludang kecepeh dari kenyataan yang sebenarnya."

Allah menganugerahkan al-hikmah (kepahaman yang dalam wacana Al-Qur'an dan As-Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa dianugerahi al-himah itu, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Hanya orang-orang yang berakallah yang sanggup mengambil pelajaran (dari firman Allah). (al-Baqarah: 269)

"Ampunilah kami ya Robb kami dan kepada Engkau-lah kawasan kembali." (QS Al Baqarah: 285)

"Andaikata berlaku keatas seseorang pemimpin itu TANDA-TANDA KEKUFURAN, PERBUATAN MERUBAH SYARIAT DAN PERLAKUAN BID'AH, MAKA WAJIBLAH DILUCUTKAN kepemimpinan daripadanya dan gugurlah tanggungtpendapat ketaatan rakyat kepadanya. Malah berkewajiban untuk memecatnya dan digantikan dengan seorang yang adil." (Syarah Muslim -- Imam Nawawi)

Apa saja petaka yang menimpa kau ialah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. (asy-Syuura: 30) Apa saja bala yang menimpamu maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. an-Nisaa: 79)

Apa yang diperintahkan Rasul kepadamu maka laksanakanlah. Dan apa yang dilarangnya maka tinggalkanlah.” (Q.S. Al-Hasyr : 7)

"Banyak bersikap membisu ialah keindahan yang menghiasi orang yang berakal dan diam-diam yang menutup-nutupi orang bodoh" (Ulama)


Banyak orang yang mempunyai idealisme terlalu besar untuk memperoleh sesuatu yang diinginkannya. Ia berpikir yang tinggi-tinggi dan bicaranya pun terkadang tidak ringan dan sepele dipahami. Tawaran dan kesempatan-kesempatan kecil dilewati begitu saja, tanpa pernah berpikir bahwa mungkin di dalamnya ia memperoleh sesuatu yang berharga. Tidak jarang orang orang mirip itu menelan pil pahit lantaran akhirnya tidak mendapatkan apa-apa.

Demikian juga dengan seseorang yang mengidamkan pasangan hidup, yang mengharapkan seorang gadis manis atau cowok tampan yang alim, baik, cerdik dan tepat lahir dan batin, harus puas dengan tidak menemukan siapa-siapa.

Kumpulan Kata Mutiara islam Terbaru, baik Hadis dan Al-Qur'an

Beberapa kata renungan dari Qur'an:
Orang yang tidak melaksanakan sholat pada:
- Subuh: Dijauhkan cahaya muka yang bersinar
- Dzuhur : Tidak dimemberikankan berkah dalam rezekinya
- Asar : Dijauhkan dari kesehatan/kekuatan
- Magrib : Tidak dimemberikan santunan oleh anak-anaknya.
- Isha' : Dijauhkan kedamaian dalam tidurnya
Al-Quran: Sembahyanglah sebelum kau disembahyangkan oleh orang lain.

Bersabarlah kepada setiap orang, tetapi ludang kecepeh bersabarlah kepada dirimu sendiri. Janganlah gelisah lantaran ketidaksempurnaanmu, dan bangunlah selalu dengan perkasa dari suatu kejatuhan.

Tiada terasa kebesaran Allah
bila menerima petaka lupa dirinya hamba
nikmat yang tiba tiada rasa dariNya
patutlah aib kepadaNya
lantaran anugerahNya kepada kita
membuat dosa rasa kekesalannya
buta hati ludang kecepeh berbahaya
buta mata tidak nampak dunia
buta hati tidak nampak kebenaran
buta hati ditipu nafsu dan syaitan
bahkan dilupakan saja
tiruana rasa besar hati dengan dosa
bila menyebut neraka tidak terasa akan derunya
bila menyebut syurga tidak terasa akan nikmatnya
jiwa itu telah mati... atau buta..." (izzatun nissa')
Dan dalam keadaan apapun, 
Berusahalah dengan sungguh-sungguh 
Tuk menjadi seorang pencinta 
Tatkala cinta benar-benar tiba 
Dan menyelimutimu 
Maka selamanya kau akan menjadi seorang pencinta. 
(Kearifan cinta, Jalaluddin Rumi)

“Dream what you dare to dream, go where you want to go, Be what you want to be”

IBU UTAMA
>Nabi S.A.W bersabda yang bermaksud : Ada 4 di pandang sebagai ibu yaitu :
>1) Ibu dari segala OBAT ialah SEDIKIT MAKAN.
>2) Ibu dari segala ADAB ialah SEDIKIT BERCAKAP.
>3) Ibu dari segala IBADAT ialah TAKUT BUAT DOSA.
>4) Ibu dari segala CITA CITA ialah SABAR

Laa yukallifullahi nafsan illa wus’aha, Allah tidak membebani seseorang diluar dari kesanggupannya

Saya memohon Kudang kecepejakan ... Dan Tuhan memmemberikan saya problem untuk diselesaikan.
Saya memohon Kemakmuran ... Dan Tuhan memmemberikan saya Otak dan Tenaga untuk bekerja.
Saya memohon Keteguhan hati ...Dan Tuhan memmemberikan saya Bahaya untuk diatasi.
Saya memohon Cinta ... Dan Tuhan memmemberikan saya orang-orang bermasalah untuk ditolong.
Saya memohon Kemurahan/Kebaikan hati ... Dan Tuhan memmemberikan saya kesempatan-kesempatan.

Saya tidak memperoleh yang saya inginkan, saya mendapatkan segala yang saya butuhkan.
-- (HR Ahmad, Ibnu Hibban, dan Al Baghawy)

Manshur bin Amman berkata: “Orang yang paling cerdik ialah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling kolot ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) kondusif dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka ialah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemmemberikanan Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa ialah orang yang (paling) takwa.
wahai yang Maha Pengasih'


"Barangsiapa yang memegang kuasa wacana sesuatu urusan kaum muslimin, kemudian dia memmemberikankan suatu kiprah kepada seseorang, sedangkan dia mengetahui bahwa ada orang yang ludang kecepeh baik daripada orang itu, dia telah mengkhianati Allah, RasulNya dan kaum muslimin." (Hadis Riwayat Al-Hakim)


“Berdo’alah kepada-Ku, pasti akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Al Mu’min: 60).


"Berbahagialah orang yang bisa menahan pandangan dan lisannya. Karena pandangan dan mulut yang tidak terjaga, selain mengotori hati juga akan ludang kecepeh menjerumuskan dalam perbuatan dan perkataan. Minimal sia-sia dan paling bagusnya maksiat. Kemampuan menahan mulut Insya Allah akan ludang kecepeh banyak membawa keselamatan dibandingkan dengan orang-orang yang banyak bicara. Mereka banyak berpeluang tergelincir dengan kata-katanya, berlumur dosa. Minimal menjadi malu." (Aa Gym)


"Berhentilah makan sebelum kenyang..." demikian sabda Rasulullah SAW. Segala sesuatu telah diatur Allah baik kadar, dosis, dan kemampuan seseorang, maka apabila kita berludang kecepehan dari takaran dan kemampuan yang telah dimemberikankan Allah kepada kita, ujung-ujungnya ialah kesengsaraan dan kedzoliman diri yang kita terima." (Aa Gym)


Bermimpi tanpa mau melaksanakan sesuatu untuk membuat mimpi menjadi kenyataan menggiring kita kepada kehidupan yang tidak pernah menghasilkan buah.


Berpesan-pesanlah kepada kebenaran dan Kesabaran.
Bersukacitalah atas keberhasilanmu sendiri, tetapi bersyukurlah kepada Alloh SWT bila seseorang yang lain ludang kecepeh berhasil dari engkau.


Bertekadlah untuk melaksanakan apa yang harus dilakukan tanpa ketakutan dan keraguan. Bersikaplah berani dan penuh pengberharap. Percayalah kepada Alloh SWT dan kepada semangat keberanianmu sendiri.

"bila melihat alam yang indah ini
Boleh jadi kau membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kau menyukai sesuatu, padahal ia amat jelek bagimu; Allah mengetahui, sedang kau tidak mengetahui. (QS. Al Baqarah 2:216)

Bukanlah kegagalan yang menjadi simpulan dunia bagi kita, melainkan keputusasaanlah yang menghancurkan kita.

Kumpulan Kata bijak Mutiara islami, Hadis dan Al-Qur'an

Bukankah dengan adanya berharap maka insan akan selalu berusaha dan bukankah sekali lagi, yang maha berkuasa untuk memmemberikankan tpendapatan pada sebuah berharap itu hanya Allah semata?


Tidak selamanya yang rusak dan jelek rupa itu tidak punya berharap untuk memulai hidup gres yang benar-benar baru. Hidayah dan karunia Allah bisa dimemberikankan pada siapa saja, baik mereka yang duduk di singgasana emas maupun mereka yang terpuruk di tempat-tempat yang hina dan tak dipandang orang. Subhanallah. Maha Suci Allah.


Cara terbaik untuk menghilangkan musuh-musuhmu ialah dengan menyayangi mereka.


Dalam kegelisahanku kau tenangkan aku….
Dalam dukaku kau hibur diriku………..
Dalam kesukaanku kau tertawa bersamaku………
Kini kutau mirip apa nirwana itu…
Tempat yg penuh dengan orang-orang
Seperti dirimu……………….


Dalam konsepsi Islam, rezeqi akan tiba bagi mereka yang mau berumah tangga. Allah Maha Mengetahui segala ukuran dan perberat sebelahan. Sudah banyak bukti disekeliling kita wacana bagaimana sepasang muda-mudi yang bertekad berumah tangga (sebelum berpenghasilan) kemudian dimemberikan banyak rezeqi setelah ijab kabul mereka. Dalam Al Qur’an bisa di lihat QS. 24:32 : “Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemmemberikanan-Nya) lagi Maha Mengetahui.”


Dalam upaya mendewasakan diri kita, salah satu langkah awal yang harus kita pelajari ialah bagaimana menjadi pribadi yang berkemampuan dalam menjaga juga memelihara mulut dengan baik dan benar. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW, “Barang siapa yang memberikanman kepada Allah dan hari simpulan hendaklah berkata benar atau diam”


“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu wacana Aku, maka (tpendapatlah), bahwasannya Aku ialah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)Ku dan hendaklah mereka memberikanman kepada-Ku, supaya mereka selalu berada dalam kebenaran”. (QS. Al Baqarah: 186)


"Dan apabila insan ditimpa bahaya, ia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri. Tetapi setelah Kami hilangkan ancaman itu daripadanya, ia kembali melalui (jalan yang sesat), seakan-akan dia tidak pernah berdo'a kepada Kami" (QS. Yunus : 12).


“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya kalau kau bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni'mat) kepadamu, dan kalau kau mengingkari (ni'mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". QS Ibrahim ayat 7.


"Dan nikahkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (nikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki, dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemmemberikanan-Nya) lagi Maha Mengetahui." - QS:An-Nuur (24):32


"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik saya waktu kecil". (QS. Al-Isra'17:24)


Dan tidaklah sama (kesan dan hukum) perbuatan baik dan perbuatan jahat. Tolaklah (kejahatan yang ditujukan kepadamu) dengan cara yang ludang kecepeh baik; apabila engkau berlaku demikian maka orang yang menaruh rasa permusuhan terhadapmu, dengan serta merta akan menjadi seakan-akan seorang sahabat karib. ( fussilat 34 )


Dari Anas berkata, Rasulullah shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, janganlah seseorang menangan-angankan maut lantaran petaka yang menimpanya, jikalah dia harus menginginkan, maka katakanlah, “Ya Allah hidupkanlah saya kalau kehidupan itu ludang kecepeh baik bagiku dan matikanlah saya kalau maut itu ludang kecepeh baik bagiku.
“Dia Yang membuat segala sesuatu, kemudian Dia memutuskan atasnya takdir (ketetapan) yang sesempurna-sempurnanya “(qs 25 :2)


Di dalam sebuah hadits disebutkan juga bahwa Rasulullah suka mengakhirkan shalat isya dengan tujuan supaya shalat dijadikan sebagai epilog acara pada hari itu, lantaran dia memakruhkan tidur sebelumnya dan mengobrol sesudahnya.


Dijadikan indah pada (pandangan) insan kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah kawasan kembali yang baik (surga)." (QS. Al-Imraan 3:14)

Dimanapun engkau,

"Dunia ialah suplemen dan sebaik-baik suplemen ialah perempuan sholihah." (HR. Muslim).


Emosi dan logika menyerupai dua orang sopir, keduanya berada di dalam tubuh kita yang mirip sebuah mobil.

Pada suatu dikala hanya satu saja sopir yang memegang setir. Artinya , tidak mungkin dua sopir memegang kendali secara bersamaan. Kecuali keduanya menuju arah yang sama.
Pada beberapa orang, emosi sering dipercaya sebagai sopir hidupnya,misalnya para seniman atau rohaniawan.
sedangkan para peneliti atau ilmuwan ludang kecepeh sering memakai akalnya.
Akal lazim disebut dengan kecerdasan dan tingkatnya dinyatan dengan IQ (Intelligence Quotient). Sebaliknya emosi, yang ludang kecepeh dikenal dengan kearifan, tingkatnya dinyatakan dengan EQ (Emotional Quotient)

Gunakanlah setiap kesempatanmu hari ini. Anda tidak boleh bergantung pada hari esok. Perhatikanlah hari ini!

Hanya dengan berpikir positif wacana diri kita dan kejadian-kejadian yang terjadi dalam hidup kita, kita sanggup menjadi periang dan sehat.

"Hai orang-orang yang memberikanman bersabarlah kau dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (diperbatasan negerimu) dan bertawakalah kepada Allah supaya kau beruntung." (QS Al Imran 200)

"Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu." (QS. Luqman 31:14)

Kumpulan Kata Mutiara Islam, Hadis dan Al-Qur'an

Ikhlas dan tauhid ialah pohon yang ditanam di taman hati, Amal perbuatan ialah cabang-cabangnya, sedangkan buah-buahnya ialah kehidupan yang baik di dunia dan kenikmatan langgeng dan abadi di alam akhirat.(Ibnul-Qayyim)

“Insya Allah jikalau hidup kita penuh manfaat dengan tulus ikhlas, maka kebahagiaan dalam berbaur dan bersama dengan siapapun akan terasa nikmat, lantaran tidak mengharapkan sesuatu dari orang lain melainkan kenikmatan kita ialah melaksanakan sesuatu untuk orang lain. Semata lantaran Allah SWT.”(AA Gym)

Innasholaata tanhaa ‘anilfahsyaai wal munkar (Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar (QS. Al Ankabut (29) ; 45).

“Inna Sholaati Wanusuki Wamahyaaya Wamamati Lillahi Robbil ‘Alamin”, Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Allah Rabb Alam semesta”

Iri hati dan dengki merupakan dosa dan sekaligus akar yang menumbuhkan dosa-dosa lain.

Jangan lihat masa lampau dengan penyesalan; jangan pula lihat masa depan dengan ketakutan; tapi lihatlah sekitarmu dengan penuh kesadaran. (James Thurber)

Jika anda ingin sesuatu dikerjakan dengan baik, hendaklah anda mengerjakannya sendiri. Seorang penyair berkata, "Tidak ada yang sanggup menggaruk tubuh anda yang gatal dengan tepat kecuali kuku anda sendiri. Karenanya, kerjakanlah sendiri tiruana urusan anda (Arif bijak)

Jika engkau menaklukkan dirimu dalam hal-hal kecil, sesungguhnya engkau melatih kemauanmu untuk menjadi kerikil karang yang kukuh dan menjadi tuan atasmu.

Kadang-kadang usaha ialah yang kita perlukan dalam hidup kita. Jika Tuhan membiarkan kita hidup tanpa gangguan dan aral, itu mungkin melumpuhkan kita. Kita mungkin tidak sekuat yang semestinya kita mampu.

"Kami perintahkan kepada insan supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula)." (QS. Al AhQaaf 46:15)

Katakanlah kepada perempuan yang memberikanman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara pria mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan pria yang tidak mempunyai harapan (terhadap wanita) atau belum dewasa yang belum mengerti wacana aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya supaya diketahui suplemen yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kau sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang memberikanman supaya kau beruntung.(QS. An Nuur 24:31) 

Kebahagiaan tertinggi dalam kehidupan ialah kepastian bahwa anda dicintai mirip apa adanya, atau ludang kecepeh tepatnya dicintai walaupun anda mirip diri anda adanya. (Victor Hugo)

Kebahagiaan dan kesenangan melalui keduniaan ialah mustahil. Kebahagiaan hidup hanya akan bisa diraih oleh orang-orang yang hatinya tentram. Dan ketentraman hati itu erat hubunganya dengan berpengaruh tidaknya hati seseorang dengan Yang Maha Kuasa. Ketentraman itu akan dating dengan kedekatan pada amal amal ukhrawi yang mendekatkan orang pada Allah SWT. Sejauh mana kedekatan seseorang pada Allah SWT, sejauh itu pula kebahagiaan yang akan ia peroleh. Buktikan sendiri.

Kebaikan tidak ditentukan oleh perbuatan-perbuatan baik melainkan oleh kualitas kebaikan yang meraja dalam hati kita.

Kebaikan tidak terletak dalam melaksanakan dengan benar lantaran peraturan, melainkan melaksanakan yang benar lantaran alasan yang benar.

Kekayaan akan menguburkan engkau kalau engkau menjunjungnya di kepalamu dan melekatkannya di hatimu.

"Keuntungan hakiki ialah laba yang tidak hanya menguntungkan diri pribadi, tapi juga menguntungkan sebanyak mungkin hamba-hamba Allah lainnya. Usahakanlah apa yang menjadi nikmat tidak menjadi petaka bagi orang lain." (Aa Gym)

Kesuksessan Bukan merupakan suatu TUJUAN tapi merupakan suatu PERJALANAN

“Lelah, tersinggung, terhina, kekurangan, uang, tertimpa penyakit, dan masih begitu banyak lagi masalah yang akan membuat orang menjadi goyah, tapi kalau terkelola hatinya, subhanallaah, ia tetap akan punya evaluasi produktif. Banyak orang yang sangat sibuk memikirkan kecerdasannya, memikirkan kesehatan fisiknya, tapi sangat sedikit memikirkan kondisi hatinya. Kalaulah kita harus memilih, seharusnya kita banyak meluangkan waktu untuk memikirkan qolbu ini. Karena kalau qolbu ini baik, yang lainnya pun menjadi baik, Insya Allah.” (AA Gym)

"Manusia itu mengikut agama kawannya. Maka hendaklah diperhatikan siapa yang hendak dijadikan sebagai kawannya." (HR Tirmidzi)

Meletakkan perhatian pada kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan diri sendiri sama mirip berpegang erat pada tangkai berduri.

Musuh terbesar ialah keangkuhan diri kita sendiri.

Musuh yang memusuhimu dengan terang-terangan ialah ludang kecepeh baik daripada kawanmu yang artifasial dan bohongan. (Arif bijak)

Nabi saw. bersabda, "Hubungilah kerabatmu walau hanya dengan memmemberikan salam kepadanya."

"Niat untuk selalu tampak indah dan menarik ialah suatu kewajaran, namun Allah Maha Mengetahui apa-apa yang melintas di hati kita, apabila niat kita tergelincir ke dalam kemaksiatan dan kesia-siaan bisa jadi Allah akan memmemberikankan jalan terbukanya bala bagi kita, oleh karenanya bersungguh-sungguhlah berniat hanya untuk menggapai ridha Allah." (Aa Gym)

Orang bijaksana tidak pernah duduk menyesali kegagalannya, tapi dengan gembira hati mencari jalan bagaimana memulihkan kembali kerugian yang dideritanya. (dari |HighL4nder|)

Kumpulan Kata Mutiara, Hadis dan Al-Qur'an

Orang-orang yang memberikanman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat, mereka menerima pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (al-Baqarah: 277)


Orang yang hidup dengan berprinsip yang teguh tidak akan hilang (dilupakan), tidak akan kehilangan dan tidak akan mati ((Arif bijak)


Orang yang sering meninggalkan shalat ialah orang yang mengabaikan agama dan seorang perempuan seharusnya menentukan calon pemimpin yang memberikanman, bukan yang suka mempermainkan agama.

Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, tetapi mahir dalam tindakan.

Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang kehidupannya mirip orang-orang Badui(bukan madani), dia mengisolasi dirinya. Barangsiapa yang kehidupannya dari berburu, dia tergolong orang yang lalai." HR Abu Dawud dan Ahmad

Rasulullah saw. bersabda, "Orang yang paling saya benci dan yang paling jauh majelisnya dari saya pada hari simpulan zaman ialah orang yang banyak omong, yang membuat dan bicara seenaknya, serta yang menyombongkan diri (angkuh)." (HR Ahmad, Ibnu Hibban, Abu Nuaim)

Rasulullah saw. bersabda, "Pukullah anak-anakmu lantaran meninggalkan shalat pada usia sepuluh tahun dan pisahkan kawasan tidur mereka (lelaki dan perempuan) pada usia sembilan tahun, dan kawinkanlah pada usia tujuh belas tahun kalau memungkinkan." (HR Ibnus-Sunni dalam Awwalul Yaumi wal-Lail)

Rasulullah saw. bersabda, " Satu aturan Allah yang benar-benar diterapkan di muka bumi ialah ludang kecepeh baik bagi penduduk bumi dari pada mereka dimemberikan hujan selama empat puluh pagi." (HR Ibnu Majah, Ahmad, an-Nasa)

Rasulullah saw bersabda, Tali temali Islam akan terlepas (putus), orang-orang akan berpegangan kepada tali memberikankutnya. Tali yang pertama kali lepas (putus) ialah aturan (syariah) dan yang terakhir ialah sholat." HR Ahmad, Ibnu Hibban, al-Haakim)

Rasulullah saw bersabda, "Waspadalah terhadap perbuatan kezaliman lantaran kezaliman ialah kegelapandi hari kiamat. Jauhilah kekikiran lantaran kekikiran telah membinasakan orang-orang sebelum kamu, mengantarkan mereka kepada pertumpahan darah di antara mereka dan menghalalkan segala cara." (HR Muslim dari Jabir bin Abdullah r.a)

"Rasulullah ditanya wacana sesuatu yang paling banyak memasukkan orang ke dalam surga, kemudian dia mentpendapat, 'Taqwa kepada Allah dan akhlaq yang baik.' Beliau juga ditanya wacana masalah yang paling banyak mengantarkan orang masuk ke neraka, dia mentpendapat, 'Mulut dan kemaluan.'" (HR Tirmidzi)

Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyaatinaa qurrota a’yun. Waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa (Q.S. Al Furqaan: 74). Aamiin. (Ya Roob kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa).


"Rasa takut terhadap insan jangan hingga menghalangi kau untuk menyatakan apa yang bekerjsama kalau memang benar kau melihatnya, menyaksikan atau mendengarnya." (HR Ahmad)
Rencana jahat apabila terdapat pada diri seseorang maka akan kembali hasilnya kepadanya."Rencana jahat itu tidak akan menimpa selain orang yang merencanakannya sendiri." (Faathir: 43) 


Robbi, tanami ladangku dengan keinsyafan Adam, ketahanan Nuh, kecerdasan Ibrahim, ketulusan Ismail, kebersahajaan Ayub, kesabaran Yunus, kelapangan Yusuf, kesungguhan Musa, kefasihan Harun, kesucian Isa, dan kematangan Muhammad.

Robb, tunjukkanlah kepada kami yang benar itu benar, dan memberikankanlah kepada kami kekuatan untuk mengikutinya. Dan tunjukkan pula kepada kami yang bathil itu bathil, dan memberikankanlah kepada kami kekuatan untuk menjauhinya. Aamiin.

Saad bin Abi Waqqash berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah saw., 'Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling berat ujian dan cobaannya?' Nabi saw. mentpendapat, 'Para nabi, kemudian yang menyerupai mereka, dan yang menyerupai mereka. Seseorang diuji berdasarkan kadar agamanya. Kalau agamanya tipis (lemah), dia diuji sesuai dengan itu (ringan); dan bila imannya kokoh, dia diuji sesuai itu (keras). Seorang diuji terus-menerus sehingga dia berjalan di muka bumi kebersihan dari dosa-dosa'." (HR Bukhari)


Sahabat sejati bukan memmemberikan pada dikala orang meminta, ia mempunyai mata pandang yang bisa menembus relung kudang kecepesuan sahabatnya. Ia memmemberikan tanpa kata-kata, tanpa menepuk dada.


Saya mohon Kekuatan ... Dan Tuhan memmemberikan saya ketidak ringan dan sepelean-ketidak ringan dan sepelean untuk membuat saya kuat.


"Segala upaya yang dibangun dengan keikhlasan dan kerja keras, tidak terluputkan dari perilaku dengki dan cemoohan orang lain yang memang terjangkiti penyakit dengki, namun apabila kita yakin hanya kepada Allah, maka Allah akan senantiasa menolong hamba-hambaNya yang lapang dada berjuang." (Aa Gym)


“Semakin banyak yang kita benci dan kita musuhi, berarti kita telah menelantarkan waktu, tenaga, pikiran, dan kebahagiaan kita untuk memikirkan orang yang tidak kita sukai. Sungguh rugi!” (AA Gym) "


"Semakin cinta kita terhadap sesuatu maka akan semakin memperbudak dan menyiksa diri kita. Semakin kita kaya, semakin takutlah berkurang kekayaan kita."(Aa Gym)


Semangat tanpa pengetahuan sama dengan api tanpa cahaya.


Seorang ulama masa sekarang menyampaikan bahwa kalau seorang mu’min ditimpa keburukan atau petaka maka itu mempunyai 3 pengertian dan penjelasan: (1) Sebagai kafarat/pencuci dosa-dosanya (2) Sebagai ujian baginya sehingga ia akan ‘naik tingkat’ ketaqwaan (3) Mengandung pesan tersirat yang tersembunyi bagi dirinya yang akan menjadi saran yang dampak dan imbastif bagi kehidupannya setelah itu


Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS. Ar Ra'd 13:11).


“Sesungguhnya, dalam setiap masalah, kadang, bukan pemecahanlah yang harus kita cari. Tapi, kemampuan untuk melihat masalah itulah yang kita perlukan.


“Sesungguhnya orang yang paling kucintai di antara kalian dan yang paling bersahabat kawasan duduknya denganku pada Hari Kiamat ialah yang paling baik akhlaknya di antara kalian, dan sesungguhnya orang yang paling kubenci di antara kalian dan yang paling jauh kawasan duduknya denganku pada Hari Kiamat ialah yang paling jelek akhlaknya di antara kalian.”


sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kau di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu, sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha mengerti atas segala-sesuatu" ( al Hujurat 13 )


Sesungguhnya pada jasad ( tubuh insan ) ada segumpal darah, apabila ia baik maka sepakat seluruh anggota jasad, dan apabila ia rusak maka rusaklah seluruh anggota jasad, sesungguhnya ia ialah hati(HR Bukhori)


Setiap insan rindu untuk menyayangi dan dicintai.


Setiap ilmu mesti ada permulaanya, tetapi sama sekali tidak ada pengakhirannya. Kita harus menyadari dan mengakui bahwa apa yang kita ketahui dari ilmu-ilmu jauh ludang kecepeh sedikit daripada yang tidak kita ketahui (Ulama)


Sifat mengampuni berarti mau mendapatkan kesalahan orang lain sebagaimana Anda mengharapkan orang lain mendapatkan kekurangan Anda.


Suatu knorma dan sopan santun Khalifah Harun al-Rasyid bertanya kepada Manshur bin Amman: “Siapakah orang yang paling berakal (cerdik), paling bodoh, paling kaya, dan paling perkasa di antara manusia?


“Sungguh beruntung bagi siapapun yang bisa menata qolbunya menjadi bening, jernih, kebersihan, dan selamat. Sungguh berbahagia dan mengesankan bagi siapapun sekiranya mempunyai qolbu yang tertata, terpelihara, dan terawat dengan sebaik-baiknya. Karena selain senantiasa akan mencicipi kelapangan, ketenangan, ketenteraman, kesejukkan, dan indahnya hidup di dunia ini, pancaran kebeningan hati pun akan tersemburat pula dari indahnya setiap acara yang dilakukan.” (AA Gym)


Takluk namun tidak mengalah itulah kemenangan.


Tiap-tiap amalan (perbuatan) ada balasannya. Karena itu, waspadalah terhadap akhir dari perbuatan anda.(Ulama)


"Tidaklah akan berpindah Kaki seorang hamba pada hari kiamat, hingga ia ditanya Tentang empat perkara. Tentang umurnya, bagaimana ia menghabiskannya, wacana jasadnya, bagaimana ia mempergunakannya wacana hartanya, dari mana ia mendapatkannya dan kemana ia menghabiskannya, dan wacana ilmunya, bagaimana ia mengamalkannya. (Ad Darimi: 538)


"Tidaklah Aku ciptakan jin dan insan kecuali untuk memberikanbadah kepada-Ku." (Adz. Dzariyat :56).


”Tidak memberikanman seseorang di antara kalian hingga ia menyayangi Saudaranya sebagaimana menyayangi dirinya sendiri.” (H.R. Bukhari dan Muslim).


“ Tindakan utama yang harus kita kerjakan bukanlah melihat apa yang terletak kurang jelas dikejauhan, melainkan melaksanakan apa yang tampak terang di depan mata. ”
Tuntutlah ilmu, tetapi tidak melupakan ibadah, dan kerjakanlah ibadah, tetapi tidak melupakan ilmu (Hasan al-Bashri)


Utsman bin Affan r.a. berkata, "Barang siapa hidupnya dalam keseimbangan dunia dan akhirat, dia disenangi Allah; barangsiapa meninggalkan perbuatan dosa, dia disenangi oleh para malaikat; dan barang siapa meninggalkan keserakahan terhadap kaum muslimin, dia dicintai mereka."

"Wahai mereka yang memberikanman, mintalah proteksi kepada Allah dengan sabar dan solat. Sesungguhnya Allah tolong-menolong dengan orang yang sabar." (Al-Baqarah: 153)

"Wanita itu dinikahi lantaran 4 hal : lantaran kecantikannya, lantaran keturunannya, lantaran kekayaannya, dan lantaran agamanya. Menangkanlah dengan menentukan agamanya maka taribat yadaaka (kembali kepada fitrah atau beruntung)." (HR. Al-Bukhari, Muslim, dan lain-lain)


Wanita-wanita yang keji ialah untuk pria yang keji, dan pria yang keji ialah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik ialah untuk pria yang baik dan pria yang baik ialah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” [TQS an-Nûr [24]: 26] ?


........'Ya Allah, banyaknya nikmat-Mu padaku.tapi .......... sedikitnya saya bersyukur, ya Allah , hatiku tahu nafsu jahat itu musuhku, tapi banyaknya jalan-jalannya yang telah saya turuti. Ya Allah, besarnya pengorbanan ayah, tingginya evaluasi kasih dan mesra ibu, tapi aduhai .....sedikitnya do'aku untuk mereka. Ampunkan, ampunkanlah


Ya Allah..sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan kecintaan hanya kepadaMu, bertemu untuk taat kepadaMu, bersatu dalam rangka menyeru (dijalan)Mu, dan berjanji setia untuk membela syari.atMu, maka kuatkanlah ikatan pertaliannya ya Allah..langgeng dan kekalkanlah afeksinya, tunjukkanlah jalannya dan penuhilah dengan cahayaMu yang tidak pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan doktrin dan keindahan tawakkal kepadaMu, hidupkanlah dengan ma.rifahMu, dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalanMu. Sesungguhnya Engkau ialah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong…Amin."


Ya Allah, tak ada yang bisa mendatangkan segala kebaikan melainkan dengan kekuasaan-Mu, tidak ada yang bisa menolak segala keburukan melainkan dengan kekuasaan-Mu, tidak ada daya kekuatan hanya kepada-Mu. ( HR. Abu Daud )

"Ya Robb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berludang kecepeh-ludang kecepehan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." (QS Ali 'Imran:147)


"Ya Robb kami, janganlah Engkau aturan kami kalau kami lupa atau kami tersalah. Ya Robb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Robb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". (QS Al Baqarah: 286)
Kata-kata Mutiara Islami

Perbanyaklah kau mengingat mati, lantaran hal itu bisa memkebersihankan dosa dan mengakibatkan kau zuhud atau tidak cinta kepada dunia.(Rasulullah)
Keluarlah dari dirimu dan serahkanlah tiruananya pada Allah, kemudian penuhi hatimu dengan Allah. Patuhilah kepada perintahNya, dan larikanlah dirimu dari laranganNya, supaya nafsu badaniahmu tidak memasuki hatimu, setelah itu keluar, untuk memmenghilangkan nafsu-nafsu badaniah dari hatimu, kau harus berjuang dan jangan mengalah kepadanya dalam keadaan bgaimanapun juga dan dalam tempo kapanpun juga.(Syekh Abdul Qodir al-Jaelani)

Berteman dengan orang kolot yang tidak mengikuti seruan hawa nafsunya ialah ludang kecepeh baik bagi kalian, daripada berteman dengan orang alim tapi selalu suka terhadap hawa nafsunya.(Ibnu Attailllah as Sakandari)
Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan 3 hal, yaitu : KEPERCAYAN, CINTA dan RASA HORMAT ( Ali bin Abi Thalib)

Ketahuilah bahwa sabar, kalau dipandang dalam permasalahan seseorang ialah menyerupai kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, kalau kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. (Ali bin Abi Thalib)
Kejahatan yang dibalas dengan kejahatan pula ialah sebuah akhlaq ular, dan kalau kebajikan dibalas dengan kejahatan itulah akhlaq buaya, kemudian bila kebajikan dibalas dengan kebajkan ialah akhlaq anjing, tetapi kalau kejahatan dibalas dengan kebajikan itulah akhlaq manusia.(Nasirin)

Ilmu itu ludang kecepeh baik daripada harta. Ilmu akan menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sedangkan harta terhukum. Kalau harta itu akan berkurang apabila dibelanjakan, tetapi ilmu akan bertambah apabila dibelanjakan.(Ali bin Abi Thalib)

Sabar mempunyai dua sisi, sisi yang satu ialah sabar, sisi yang lain ialah bersyukur kepada Allah. (Ibnu Mas’ud)
Takutlah kau akan perbuatan dosa di dikala sendirian, di dikala inilah saksimu ialah juga hakimmu. (Ali bin Abi Thalib)


Orang yang paling saya sukai ialah dia yang memperlihatkan kesalahanku.(Umar bin Khattab)


Niat ialah ukuran dalam mepenilaian benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, knorma dan sopan santun niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan kalau niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. (Imam An Nawawi)

Aku mengamati tiruana sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang ludang kecepeh baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan wacana tiruana pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang ludang kecepeh baik daripada takwa. Aku merenungkan wacana segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang ludang kecepeh baik daripada memmemberikan nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang ludang kecepeh baik daripada sabar. (Umar bin Kattab)

Dia yang membuat mata nyamuk ialah Dzat yang membuat matahari.(Bediuzzaman Said Nursi)
Penderitaan jiwa mengarahkan keburukan. Putus asa ialah sumber kesesatan; dan kegelapan hati, mula dan akar penderitaan jiwa.(Bediuzzaman Said Nursi)

Kebersamaan dalam suatu masyarakat menghasilkan ketenangan dalam segala kegiatan masyarakat itu, sedangkan saling bermusuhan mengakibatkan seluruh kegiatan itu mandeg.(Bediuzzaman Said Nursi)

Menghidupkan kembali agama berarti menghidupkan suatu bangsa. Hidupnya agama berarti cahaya kehidupan.(Bediuzzaman Said Nur)

Orang yang terkaya ialah orang yang mendapatkan pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati.(Ali bin Husein)

Seseorang yang melihat kebaikan dalam banyak sekali hal berarti mempunyai pikiran yang baik. Dan seseoran yang mempunyai pikiran yang baik mendapatkan kenikmatan dari hidup.(Bediuzzaman Said Nur)

Pangkal dai tiruana kebaikan di dunia maupun di alam abadi ialah taqwa kepada Allah.(Abu Sualeman Addarani)

Barang siapa tidak dicoba dengan bala atau kesusahan, maka tidak ada sebuah kebahagiaan pun disisi Allah.(Adh-Dhahhak)


Demikianlah Yang admin bisa sajikan mengenai Kumpulan Kata Mutiara Islam, Hadits dan Al-Qur'an terbaru Semoga memberi manfaat, dan sedikit menjadi ibroh pelajaran bagi kita untuk senantiasa hidup tetap lurus, dan Senantiasa merapat, melaksanakan pendekatan kepada Allah, dan Memmemberikankan kabar gembiri kepada siapa saja yang ingin bahagia. Terimakasih
Advertisement

Iklan Sidebar